kuliah semester genap

Semester genap sudah dimulai, semester ini saya mengajar di 2 tempat yaitu ITHB (Institut Teknologi Harapan Bangsa) sebagai dosen luar biasa (dosen tamu) dan di IMT (Institut Manajemen Telkom) tempat post saya sebagai dosen tetap. Di ITHB sebenernya kuliah sudah dimulai 5 minggu yang lalu, disana saya mengajar di bagian International Program dengan materi kuliah sebagai berikut : 1. Pemrograman JAVA (2 SKS, 1 kelas),  subyek matakuliah yang selalu saya gemari karena berdasaran pengalaman saya bekerja sebagai programmer java 10 tahun yang lalu. Saya tidak pernah bosan dengan materi kuliah ini, dan selalu memotivasi mahasiswa   untuk selalu belajar bahasa ini karena implementasi dan kegunaannya yang sangat luas. 2. Film dan Video Production (2 SKS, 1 kelas), dimana mata kuliah adalah matakuliah berbasis praktek, yaitu non linear editing (NLE) dengan menggunakan Adobe Premiere. Materinya mengenalkan ekosistem editing film secara NLE atau linear seperti pada broadcasting dan mahasiswa di akhir perkuliahan mempresentasikan film hasil karya editing mereka. 3. Multimedia (2 SKS, 1 kelas) yang banyak membicarakan komponen pembentuk multimedia, kompresi, quality of services dan di akhir kuliah mahasiswa membuat produk Multimedia berdasarkan teknologi Flash atau HTML5.

Di IMT saya mengajar 2 matakuliah yaitu 1. Studio Content Development (4 SKS, 2 kelas), kuliah ini merupakan lanjutan dari kuliah content development dimana materi yang dipelajari di kuliah ini adalah tentang unsur unsur pembentuk content seperti literature/writing, humor, games, movie, TV broadcast, sound/music, color, writing multimedia, konten untuk anak anak etc. Perbedaan dengan kuliah content development adalah di kuliah studio ini sebagian besar waktu akan digunakan untuk membuat product dengan kaidah kaidah content yang sudah dipelajari sebelumnya. 2. Multimedia Interactive (4 SKS, 1 kelas) hampir mirip dengan kuliah multimedia pada umumnya tapi ditekankan kepada interactivity, user experience dengan aplikasi seperti user generated content dan rich internet application, di akhir kuliah mahasiswa bekerja untuk menghasilkan produk multimedia interactive dengan menggunakan teknologi HTML5.

Demikian kesibukan mengajar untuk semester genap ini, semoga ilmu ilmu yang saya share di kelas berguna buat para mahasiswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s