Review Sony Carl Zeiss 24/1.8 E Mount / NEX

Sony Carl Zeiss 24/1.8 adalah lensa terbaik dari jajaran lensa  yang dipunyai oleh Sony NEX E-Mount. Lensa ini merupakan produksi Carl Zeiss tapi di branded dengan Sony untuk alasan marketing. Sudah sekitar beberapa bulan terakhir saya mencari lensa ini kemana mana, dan jumlah stock yang sangat sedikit membuat perjuangan mencari lensa ini sangat berat. Pernah suatu hari saya terpikir untuk nitip ke teman yang tinggal di Hongkong, tapi stocknya disana juga belum tentu ada. Karena langkanya lensa ini di beberapa negara harganya sudah mencapai diatas USD$1000. Sempat putus asa dengan kondisi ini akhirnya saya mengalihkan sasaran dengan membeli lensa voigtlander 35/1.4 ZM yang saya pasangkan di NEX 6 dengan menggunakan adapter Leica-NEX. Btw saya akan reviewkan lensa voigtlander ini di post saya yang lain. Dengan lensa voigtlander di tangan saya sudah melupakan lensa Carl Zeiss 24/1.8 ini.

Minat akan lensa ini kembali timbul setelah beberapa hari yang lalu saya ditelpon salah satu toko kamera online di jakarta yang mengabarkan kalo lensa Carl Zeiss ini ada di stock mereka. Saya dulu memang pernah pesan lensa ini pada saat saya membeli kamera Sony NEX 6 saya. Mbak Indah dari toko tersebut mengabarkan kalo lensa ini cuman ada 1 dan harga yang cukup “murah” yaitu 7 juta, jika dibandingkan dengan harga pasaran yang saya sebutkan diatas, maka tanpa pikir panjang saya langsung order lensa ini.

Saya adalah penggemar lensa wide dan cepat, dulu sempat punya lensa Canon EF 28 f1.8 yang performancenya sangat baik di 5D2. Saya lebih memilih lensa ini dibandingkan lensa L lainnya karena ukurannya yang tidak besar. Selanjutnya untuk review hasil Carl Zeiss, karena tujuan saya lensa wide dan cepat, maka saya cuma  tertarik melakukan test warna dan ketajaman di aperture f1.8. Jika kemampuan lensa ini baik di f1.8 maka saya jamin akan jauh lebih baik di aperture lainnya. Lensa ini di NEX akan memberikan focal length 36mm, ini merupakan focal length favorit saya. Berikut adalah contoh contoh hasil foto, hanya di resize, wide aperture f1.8.

CZ1 CZ2 CZ3

Dari hasil foto diatas, terlihat jelas kalau warna, kontras dan ketajaman lensa ini sangat baik di f1.8. Selain itu DoF yang diperoleh juga bagus menurut selera saya. Satu lagi keunggulan lensa ini adalah minimum focusing distance yang sangat pendek, kalau tidak salah sekitar dibawah 10cm, dan ini merupakan hal yang menarik untuk membuat karya karya kreatif menggunakan lensa wide dan DoF yang tipis. Semoga review singkat ini bermanfaat buat anda yang berminat untuk membeli lensa ini. Salam …

Advertisements

One thought on “Review Sony Carl Zeiss 24/1.8 E Mount / NEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s