Belajar Sains dari Film Dokumenter #Cosmos

Beberapa saat yang lalu, satu mahasiswa saya merekomendasikan film Cosmos : A Spacetime Odyssey produksi Fox dan National Geographic. Film ini merupakan film dokumenter perkembangan sains dan perjalanan alam semesta dari sejak saat Big Bang sampai masa dunia kita sekarang. Film ini bukan sekedar film sains biasa, didalamnya saya belajar mengenai adanya peristiwa acak, kesempatan keberuntungan, kemusnahan, evolusi, metodologi ilmu pengetahuan sampai akhirnya terbentuk dunia seperti yang kita kenal sekarang. Sains menjawab banyak pertanyaan manusia, satu contohnya adalah  darimana manusia berasal.  Beberapa teori yang menyatakan asal usul manusia, salah satunya menyatakan manusia berasal dari bintang atau galaksi lain, teori ini belum terbukti secara kuat, bukti yang paling kuat adalah manusia merupakan hasil evolusi jutaan tahun lamanya. Dan bukti ini menyatakan memang kemampuan kita (manusia) baru pada tahap kecil, masih meninggalkan banyak pertanyaan lainnya

Salah satu pembelajaran sains dan metodologi sains yang berkesan dari film ini adalah perubahan skala waktu yang bertujuan untuk memudahkan pemahaman skala dan urutan peristiwa alam semesta. Alam semesta berusia 14 milayar tahun, kalau dirubah skalanya menjadi kalender 1 tahun yang kita miliki sekarang, maka setiap hari akan berisi 40 juta tahun. Big Bang terjadi pada tanggal 1 januari dan hari ini adalah tanggal 31 desember jam 12 malam. Maka sejak Big Bang terjadi, galaksi bima sakti (matahari dan bumi) baru terbentuk pada tanggal 31 agustus. Mahkluk hidup pertama kali muncul (dalam bentuk sel dan mikroba) pada tanggal 9 november. Bunga pertama kali ada pada tanggal 28 desember. Manusia baru ada pada 31 desember pukul 11:59. Semua sejarah dan kisah yang pernah ditulis manusia baru ada pada 14 detik terakhir sebelum midnight. Dan sejarah ilmu pengetahuan baru muncul 2 detik terakhir sebelum midnight malam tahun baru.

Transformasi skala diatas menunjukkan bagaimana metodologi ilmu pengetahuan membantu manusia memahami semesta sekelilingnya. Saya sarankan untuk menonton film ini, barangkali anda semua bisa menemukan sesuatu yang lebih dalam dari yang saya tangkap ..

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Sains dari Film Dokumenter #Cosmos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s