Lucy dan Transcendence bukan film konvensional

image

Transcendence dan Lucy adalah dua film di tahun 2014 yang menyita perhatian saya karena kedua film tersebut berhasil membungkus cerita fiksi dengan latar belakang sci-fi yang tidak ngasal dan boleh dikatakan yang ditampilkan merupakan roadmap track teknologi saat ini, dimana beberapa riset dari ilmuwan memang mengarah ke sana. Kedua film ini berhasil membuat saya keluar bioskop dengan “big question” … “what if ?“. Pertanyaan tentang fantasi tentu ga perlu dianggap serius, tapi pertanyaan tentang hal yang sangat mungkin terjadi dalam waktu dekat, menimbulkan sensasi sendiri dan membuat pikiran terbang liar sekaligus excited.

Lucy berdasarkan fakta bahwa manusia baru menggunakan kapasitas otaknya maksimal sebesar 10%. Jika manusia bisa meningkatkan kemampuan tersebut, maka secara teoritis manusia akan mampu mengontrol sel dan materi disekelilingnya, pemrosesan dan penyimpanan data di otak tidak akan kekurangan sumber daya. Kita bisa merasakan evolusi dalam level sel sejak masa sebelum ada manusia. Bisa dibayangkan bagaimana superpowernya jika hal itu terjadi.

Transcendence pernah saya komentari dalam entri blog disini, yang intinya menceritakan kecerdasan manusia dan self awareness dipindahkan ke komputer, sehingga dia punya power yang selama ini tidak dia dapatkan pada saat menjadi manusia bisa.

Terlepas dari latar belakang kedua film yang selalu ada dalam pikiran saya, pesan yang disampaikan cukup sederhana. Keberanian sineas memproduksi film film luar biasa ini patut diacungi jempol, seperti film terminator, matrix, minority report dan lain lainnya pada masanya. Semoga ke depannya makin banyak sineas yang bikin film film ga konvensional dan bisa dinikmati oleh penikmat film seperti saya dan anda …

Advertisements

2 thoughts on “Lucy dan Transcendence bukan film konvensional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s