EGO NETWORK

Di dalam Social Network Analysis, Ego Network adalah jejaring sosial yang kita miliki, atau dengan kata lain jejaring sosial dengan kita sebagai pusatnya. Dengan melihat jejaring sosial yang kita miliki, kita bisa mengetahui karakteristik dari lingkungan kita seperti: siapa saja teman kita, seberapa besar jangkauan pertemanan kita, ada berapa kelompok / grup pertemanan yang kita miliki, dll. Sebagai bagian dari Social Network Analysis yang tujuannya adalah kuantifikasi hubungan sosial dalam bentuk representasi graf, maka Ego network pun mempunyai tujuan sama tapi dengan lingkungan yang lebih spesifik yaitu lingkungan ego sekitar kita.

Beberapa saat yang lalu banyak tersedia apps untuk rekonstruksi ego network kita di facebook, twitter, linkedin ataupun dari mail server kita, tapi saat ini kebanyakan apps tersebut sudah tidak bisa digunakan, mungkin pemilik layanan jejaring sosial tersebut keberatan kalau kita melakukan ‘crawl’ jejaring sosial akan membebani kerja server, sehingga banyak apps yang sudah di blok. Kita tetap bisa mengakali hal tersebut, misalkan kita bisa membuat ego network dari backup email gmail kita dll.

Berikut ini saya tunjukkan ego network dari jejaring sosial Linkedin yang pernah saya buat di tahun 2013. Menarik khan? melihat bagaimana teman teman saya berkelompok dan berapa besar jejaring ego yang saya punyai

inmaps2

PS :  Saya akan update informasi ego network ini dengan contoh contoh data layanan jejaring sosial lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s