Membuat Materi dan Mengajar Workshop ‘Data Monetization’

Sekitar sebulan yang lalu salah satu dosen senior mengajak saya untuk membuat / merancang materi workshop mengenai ‘data monetization’ dengan peserta adalah para manajer suatu perusahaan besar di Indonesia selama 5 hari. Beliau adalah ahli di bidang model bisnis, nilai inovasi dan manajemen strategis Karena materi ini khusus mengenai data, maka saya diajak dengan alasan saya sudah melakukan riset secara teknis dan bisnis di bidang data (terutama data jejaring sosial dan big data) selama lebih kurang 3 tahun terakhir. Untuk melengkapi tim, maka kita mengajak seorang dosen lain yang mempunyai keahlian di bidang data mining.

Dari penyusunan materi kami membagi menjadi : dua hari pertama membicarakan model bisnis, kompetisi model bisnis, model business canvas, value innovation, data monetization case study. Hari ketiga kita khusus membicarakan data mining, teknis dan insight finding. Hari ke empat kita membicarakan tentang analisa jejaring sosial. Dan hari terakhir kita membicarakan bagaimana ‘menjinakkan’ big data dan memonetisasinya. Hari pertama dan kedua saya bergantian dengan dosen senior tersebut, beliau membicarakan konsep makro dan landasan filosofis pentingnya data untuk kompetisi bisnis, sedangkan saya lebih membicarakan case study dan skenario monetisasi data. Hari ketiga rekan saya berbicara tentang data mining. Hari ke empat dan kelima saya yang menyampaikan materinya.

Pengalaman mendesain dan mengajar workshop tentang topik ini sangat menarik bagi saya, saya baru tahu secara nyata bahwa kebutuhan ‘data scientist’ itu sangat nyata di banyak perusahaan  di Indonesia, ini terbukti dari keseriusan perusahaan perusahaan tersebut melakukan investasi skill SDMnya. Saya juga memperoleh temuan bahwa apa yang dibilang ‘kita bisa mulai monetisasi, karena kita punya data’ itu belum tentu sama persepsi dengan orang lain, karena bisa saja data yang mereka punyai adalah data yang tidak bisa di monetisasi (dan mereka tidak tahu hal itu).

Kebanyakan data yang dimiliki perusahaan di indonesia adalah data data akuntansi atau data untuk keperluan reporting dengan fitur fitur standard, jarang sekali menyediakan ruang untuk fitur yang menangkap perilaku / sifat orang, yang sangat berguna untuk keperluan mining dan monetisasi. Prinsip segmentasi industri banyak dilakukan oleh manusia, jarang sekali menggunakan metode ‘learning from data’ untuk segmentasi ataupun klasifikasi. Dan juga jarang sekali yang memahami bagaimana mining jejaring sosial dari media sosial yang banyak dipakai oleh konsumen / market di Indonesia.

Kesimpulan akhir, saya cukup senang dengan awareness industri di Indonesia dengan konsep value data dan pentingnya untuk mencetak data scientist. Semoga workshop seperti ini semakin sering diadakan oleh perusahaan perusahaan di Indonesia

Accenture-data-monetization-big-data

Advertisements

5 thoughts on “Membuat Materi dan Mengajar Workshop ‘Data Monetization’

  1. Sangat menarik membaca artikel Bapak. Saya pun juga menyukai keberadaan big data suatu perusahaan karena saya berpikir bahwa data ini pasti suatu saat bisa digunakan utk kepentingan perusahaan ke depan. Kebetulan saya adalah seorang programmer, namun sayangnya, saya belum memiliki ilmu seperti Bapak sehingga bisa memiliki business insight dari big data tsb.

    Saat ini saya sedang merintis usaha sendiri yang bergerak di bidang teknologi informasi. Ke depan, saya ingin produk saya bisa membantu customer saya di dalam bisnisnya, terutama mendapatkan business insight dari data mereka sendiri. Namun karena kurangnya pengetahuan saya tentang dunia bisnis, saya belum punya gambaran data apa saja yg perlu disiapkan agar bisa mendapatkan business insight tersebut.

    Waduh saya kok malah jadi curhat begini ya Pak…
    Hehehee…

    Boleh saya minta masukan, sekiranya dari mana saya bisa belajar secara otodidak ilmu-ilmu sperti ini?

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam sukses!

    • kalo ilmu teknisnya sudah cukup mapan, bisa mulai baca baca buku buku bisnis, kemudian yang paling penting baca baca studi kasus. studi kasus yang sering memberikan ide kepada kita bagaimana implementasi bisnis dari pengetahuan teknis kita … good luck ..

      • siipp Pak!

        Terima kasih untuk masukannya, Pak.
        Boleh saya minta masukan Pak, buku bisnis apa yg sekiranya paling pas (cukup ringan) untuk pemula seperti saya, mengingat banyak sekali buku bisnis yang ada di pasaran dan saya sama sekali buta tentang bidang bisnis. Nanti akan saya hunting di toko buku.

        Terima kasih sebelumnya.

        Salam sukses!

      • bisnis itu banyak banget ya, mulai dari sisi operasi perusahaan, marketing, sumber daya manusia, manajemen strategis sampai detail seperti finance atau akuntansi. saya sarankan baca yang umum aja dulu seperti manajemen strategi, bisnis model atau operasional perusahaan ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s