Intisari Konten Percakapan Jurnalistik Warga Bandung #SuaraNetizen

Pada entry blog sebelumnya dibahas interaksi pada komunitas jurnalistik warga bandung Netizen PRFM Photo di Facebook yang membentuk jejaring sosial. Dari data crawling kami peroleh 175 post / laporan #SuaraNetizen dalam kurun waktu 2 bulan (21 April 2015 – 21 Juni 2015). Dengan menggunakan teknik wordcloud kami peroleh summary atau intisari singkat dari apa yang disuarakan netizen bandung.

Hasil intisari #SuaraNetizen tersebut tidak terlalu detail, karena saya tidak melakukan proses filtering (stemming) dan proses proses lainnya untuk mengerucutkan hasil intisari. Meskipun proses ini menggunakan wordcloud, tapi saya cenderung menamakannya dengan sentence cloud, karena implementasi proses wordcloud agak sulit pada bahasa indonesia, dengan banyaknya kata sambung dominan seperti : dengan, yang, dari, ke, pada, atau dan lain lain .. 

Berikut ini intisari dari topik topik tersebut yang saya namakan awan kalimat, semakin besar hurufnya berarti semakin populer topik / laporan / percakapan/ post yang mengandung kalimat kalimat tersebut di bawah. Untuk interpretasinya silahkan disimpulkan sendiri yaa …

Awankalimat

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s