Peta Ekonomi Indonesia menggunakan Data Kota Foursquare

Di era “Data Everywhere” saat ini, kita bisa melakukan hal hal kreatif terkait dengan ketersediaan data untuk menunjang riset atau sekedar memenuhi rasa ingin tahu kita. Sebagai contoh, beberapa dari kita mungkin belum pernah berkunjung ke kota kota besar di dunia, sehingga kita tidak bisa membayangkan bagaimana kondisi keramaian di kota/negara tersebut. Bisa juga untuk seorang pebisnis yang ingin membuka cabang atau melihat pasar di luar negeri, bisa memperkirakan kondisi kota tersebut dengan melihat tingkat keramaian di kota yang dituju. Bagaimana caranya kita mengetahui hal tersebut tanpa perlu melakukan perjalanan ke sana.

Foursquare sebagai layanan jejaring sosial online yang menyediakan fitur fitur untuk check in berbasis metode gamification dengan diberikannya award seperti badge, mayor dan lain lain. Pengguna Foursquare pun merasa nyaman untuk membagikan lokasi mereka ke lingkungan teman temen dekat dan bisa disebarkan melalui  media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain lain. Data yang kita produksi pada platform Foursquare sangatlah besar sehingga bisa dimasukkan dalam kategori Big Data.

Dalam entry blog kali ini saya akan memperlihatkan peta beberapa kota di Indonesia menggunakan data check in Foursquare selama 3 bulan terakhir, dimana titik titik putih menunjukan orang orang yang check in di lokasi tersebut, semakin terang titiknya maka semakin banyak orang yang check in disana. Kota yang saya pilih adalah Jakarta (karena kita bisa bandingkan dengan kenyataan kondisi kepadatan Jakarta), Bandung (karena saya tinggal di Bandung, jadi bisa saya bandingkan langsung) dan Malang (karena ini kota asal saya, jadi saya juga bisa bandingkan langsung). 

Hasil pemetaan setelah divalidasi dengan kondisi kenyataan keramaian dan kepadatan tiga kota tersebut, ternyata memang sesuai. Jadi bisa kita simpulan penggunaan data Foursquare bisa menggambarkan kenyataan seperti kepadatan perkotaan, pusat keramaian, sentra ekonomi dan lain lain. Dalam konteks ekonomi, pengetahuan seperti ini sangatlah berharga bagi pemerintah, walaupun saya yakin mereka sudah punya data sendiri tentang hal tersebut, tapi bagi masyarakat awam atau industri swasta insight seperti ini akan sangat bermanfaat.

 

Asia

Peta Asia, bisa dilihat keaktifan Indonesia dalam menggunakan Foursquare dibandingkan dengan negara negara tetangga 

 

 

Jakarta1

Jakarta2

Jakarta3

Jakarta (zoom out gambar atas dan zoom in gambar bawah)

 

 

Bandung0

Bandung1

Bandung2

Bandung (zoom out gambar atas dan zoom in gambar bawah)



Malang1

Malang2

Malang (zoom out gambar atas dan zoom in gambar bawah)

Post lengkap dari cerita ini ada di link berikut ini : Indonesia dalam foursquare : Mengintip Potensi Ekonomi di 3 Kota : http://bms.telkomuniversity.ac.id/indonesia-dalam-foursquare-mengintip-potensi-ekonomi-di-3-kota/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s