Penentuan Kelompok Berdasarkan Proporsi Pertemanan di Akun Twitter

Entry blog kali ini saya ingin berbagi hasil otak atik (baca: bermain main) dengan akun twitter pribadi saya (@andrybrew) berkaitan dengan pertanyaan saya bagaimana mengelompokkan jejaring sosial twitter berdasarkan proporsi Friends / Followers ?. Friends adalah orang yang kita follow. Followers adalah orang yang mem-follow kita di twitter. Alat yang saya gunakan dalam eksperimen ini  adalah platform bahasa R, yaitu R studio. Saya melakukan crawl semua Friends dan Followers dari akun saya menggunakan metode yang pernah saya tulis di entry blog ini.  Jumlah Friends saya adalah 900an dan jumlah Followers saya adalah 1400an. Karena Friends dan Followers adalah jejaring sosial terdekat saya di twitter maka saya jumlahkan keduanya menjadi total data sejumlah 2300 Friends dan Followers (akun di twitter).

Metodologinya dari 2300 data akun twitter  diatas, saya ambil masing masing jumlah Friends dan Followersnya, kemudian saya plotkan menggunakan chart interaktif dari paket rChart . Selain itu dengan meminjam metode clustering data dengan kmeans pada data mining saya membuat 4 kelompok dan 6 kelompok pertemanan jejaring sosial twitter saya berdasarkan proporsi Friends / Followers . Hasilnya bisa dilihat di gambar gambar berikut ini.

Bermain main dengan data (Data Analytics) seperti bermain game, karena dengan seringnya latihan akan membuat kita makin paham dengan alat dan jenis jenis model yang bisa kita produksi. Sering juga pembuatan model hanya untuk senang senang aja, dan tidak menghasilkan kesimpulan apa apa. Tapi di eksperimen saya ini berarti sesuatu khan ?, saya sudah bisa lho mengelompokkan temen temen twitter saya. Lets Have fun with Data Analytics

 

6cluster

chart 6 cluster (kelompok), warna yang berbeda menandakan kelompok yang berbeda 

4cluster

chart 4 cluster (kelompok), warna yang berbeda menandakan kelompok yang berbeda 

Infobandung

lokasi akun @infobandung dengan followers = 765194 dan friends = 42134

Instagram

lokasi akun @instagram dengan followers = 40375299 dan Friends = 3

Tmcpolda

lokasi akun @TMCPoldaMetro dengan followers = 4427785 dan Friends = 1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s