Pelajaran Perjuangan Saintis Mencari Partikel Tuhan

Saya baru saja menonton film Particle Fever (2013), yaitu sebuah film dokumentasi tentang perjuangan para saintis (dalam hal ini fisikawan) dalam usaha pencarian partikel tuhan (Higgs Boson). Seiring dengan dibukanya fasilitas eksperimen Large Hadron Collider (LHA) di CERN, Swiss, maka untuk pertama kalinya para fisikawan bisa melakukan eksperimen dalam skala yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Laboratorium LHA dibangun selama beberapa dekade dan melibatkan ribuan saintis, dengan fungsi inti untuk menabrakan partikel dengan kecepatan tinggi untuk memperoleh partikel baru, dalam hal ini partikel tuhan

Fisikawan terbagi menjadi dua, yaitu fisikawan teoritis yang pekerjaannya adalah merumuskan fenomena alam semesta dalam bentuk persamaan matematika dan fisikawan eksperimentalis yang pekerjaannya melakukan eksperimen untuk membuktikan teori teori yang dikonstruksi oleh fisikawan teoritis dan menjawab pertanyaan pertanyaan alam semesta dalam bentuk eksperimen. Fisikawan teoritis berfikir abstrak, berandai andai berdasarkan aturan / hukum fisika, sedangkan fisikawan eksperimentalis akan berusaha mewujudkan teori dan abstrak abstrak tersebut supaya menjadi hukum fisika yang kuat. LHA adalah fasilitas eksperimen yang sangat besar dan kompleks, karena mencoba merekonstruksi apa yang terjadi di alam semesta, terutama pada saat penciptaannya (Big Bang) 

Beberapa fisikawan teoritis membuat teori 40 tahun lalu (partikel tuhan diperkenalkan Higgs pada tahun 60an) dan baru bisa dibuktikan melalui eksperimen pada tahun 2012. Bisa dibayangnya “moment of truth” nya adalah apakah teori mereka bisa dikonfirmasi dengan petunjuk fenomena kearah yang benar atau bahkan sebaliknya fenomena tidak sesuai dengan hipotesis mereka, sehingga hasil kerja puluhan tahun hilang tidak berharga. Beberapa fisikawan yang muda, merasa sangat beruntung karena eksperimen skala besar ini terjadi pada saat mereka sedang giat berkarya. Anyway pada akhir film, ditunjukkan partikel tuhan akhirnya ditemukan, tapi penemuan ini malah membuat banyak pertanyaan lainnya. Semoga pertanyaan pertanyaan tersebut akan segera terjawab, dengan di upgradenya kemampuan laboratorium LHA beberapa tahun kedepan, sehingga meningkatkan kemampuan eksperimen para fisikawan.

Kalau melihat kehidupan para saintis ini sangat mengasyikkan, saya kagum dengan orang orang dengan passion yang besar, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Ini memacu saya untuk berbuat lebih banyak, karena masih banyak pertanyaan (di bidang saya) yang butuh dijawab, dan itu kewajiban saya untuk mencari jawabannya. 

ParticleFever poster small

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s