Kekuatan Hubungan Lemah Pada Jejaring Sosial

Karya Granovetter yang paling terkenal adalah paper “The Strength of Weak Ties”  (1973). Paper ini merupakan paper yang paling banyak disitasi di bidang sosiologi. Ide Granovetter sangat revolusioner pada jamannya, dimana dia melihat bahwa keberhasilan penyebaran informasi menuju ke populasi yang lebih besar pada bidang pemasaran, politik, dan lain lain bergantung kepada hubungan pertemanan lemah yang dimiliki seseorang atau kelompok. Berlawanan dengan anggapan orang pada masa itu, hubungan (pertemanan) yang kuat ternyata justru tidak akan membawa atau menyebarkan informasi ke audience yang lebih luas. 

Secara empiris, hal ini bisa kita buktikan. Hubungan transitivity , yaitu jika si A kenal B, dan B kenal C, maka kemungkinan besar A akan kenal C, dari sini bisa dilihat kalo melibatkan banyak orang maka akan timbul hubungan pertemanan yang kuat atau sering di sebut clique  dimana setiap anggota suatu jejaring sosial akan kenal semua anggota jejaring sosial tersebut. Dua sifat diatas akan membentuk cluster / community / kelompok pada jejaring sosial, dimana pada suatu kelompok biasanya mempunyai pemikiran atau ide yang sama dalam melihat suatu permasalahan. Informasi yang beredar didalam grup itu akan menyebar keluar (secara luas) melalui hubungan hubungan lemah antara orang orang di dalam grup dengan orang orang di luar. Untuk tahu lebih detail melihat formulasi dan eksperimennya, silahkan baca papernya dari link diatas. 

Ilustrasi lainnya adalah kita bisa menyebarkan suatu informasi ke khalayak yang lebih luas dibantu oleh semua teman teman kita, dimana tentu saja yang dominan jumlahnya adalah teman teman yang hubungannya lemah. Temen teman dekat kita tentu jumlahnya terbatas dan lebih sedikit dengan teman yang tidak begitu dekat. Jadi cermatilah teman teman anda, perhatikan dan lihat apakah ada peluang bagi anda untuk memanfaatkannya untuk kepentingan anda dalam menyebarkan informasi ?

 

400px Tie network

ilustrasi penyebaran informasi antar kelompok karena adanya hubungan lemah 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s