The Power of Google Street View

Iseng iseng saya buka lokasi rumah saya di Google Maps melalui browser di komputer, saya mendapatkan satu menu kecil dibagian bawah yang bertuliskan “Street View”. Saya klik menu tersebut, dan saya terkaget kaget karena ternyata ada pemandangan 360 derajat jalanan di lingkungan rumah saya, lengkap beserta foto foto rumah, mobil, dan beberapa orang tetangga saya. Google ternyata udah punya info lengkap tentang diri saya sampai foto rumah saya (dan bentuknya 3D view pula). 

Informasi tersebut tentunya sangat membantu, misalkan kita diberikan suatu alamat, maka dengan bantuan Street View kita bisa memperoleh gambaran lokasi, sehingga kecil kemungkinan bagi kita untuk kesasar di sekitar lokasi tersebut. Di lain pihak fakta ini sangat menyedihkan, dimana informasi informasi krusial yang berhubungan dengan harkat hidup masyarakat Indonesia malah dimiliki oleh pihak luar. Saya malah ga yakin kalo data puluhan tahun milik pemerintah mampu menyaingi kelengkapan dan kedalaman data yang dimiliki oleh Google. Selain itu isu privacy jadi makin besar, karena mau tidak mau informasi tentang diri kita yang seharusnya rahasia malah sudah dipunyai oleh Google. Melihat fakta fakta tersebut, kita jadi punya pilihan untuk tidak terlalu membuka informasi tentang diri kita di Internet. 

Kekuatan kelengkapan informasi lah yang membuat Google menjadi perusahaan raksasa seperti saat ini. Sekarang tantangan Google adalah bagaimana mengabungkan potongan potongan informasi yang dipunyainya membentuk satu profile lengkap satu individu. Bisa dibayangkan khan !!!. 

Saya ambil contoh satu alamat sembarang di Perumahan Permata Buah Batu (gambar satu atas), maka diperoleh detail Street View di gambar satu bawah. Kemudian saya iseng iseng lihat lihat rumah tempat tinggal selama saya tingal di eropa periode 2001-2006 di France, UK, dan Norway, dan ternyata data rumahnya lengkap (gambar dua)

 

Googlemap

gambar 1

Franceuknorway

gambar 2

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s