Visit Pacitan

Bulan Desember 2016, adalah pertama kalinya saya berkunjung ke kota Pacitan. Tidak tanggung tanggung, saya berkunjung sebanyak dua kali. Pertama pada tanggal 2-3 desember, saya motor riding rute Bandung-Pacitan-Bandung bersama sama dengan komunitas riding #touringforfun. Kedua pada akhir desember, saya kembali ke Pacitan bersama keluarga menggunakan mobil sendiri dalam rangka liburan akhir tahun. Kalau dilihat di peta, lokasi kota Pacitan memang terpencil di sebelah selatan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, dan bukan merupakan jalur utama jalur selatan pulau jawa. Hal ini yang membuat Pacitan unik, dengan lokasi terpencil tersebut, membuat kota ini cukup tenang dan menyenangkan untuk menghabiskan liburan.

Pada kunjungan pertama saya datang ke Pacitan dari arah barat, melalui jalur jogja-wonosari-pacitan. Kondisi jalan pada jalur ini pada umumnya bagus, kecuali ada satu ruas jalan sepanjang 10 km yang sedang dalam perbaikan (disekitar wonosari). Jalur ini melalui area pegunungan, jadi kita akan menemui jalan sempit berkelok kelok terutama menjelang masuk ke kota Pacitannya. Pada kunjungan kedua saya datang dari arah timur, menggunakan mobil. Kondisi jalan jauh lebih bagus dari arah barat akan tetapi lebih banyak lagi area pegunungan dan hutan yang dilewati, terutama sejak selepas ponorogo, kita akan menyusuri lereng pegunungan.

Pacitan adalah kota 1001 Goa, dikarenakan kontur tanahnya di daerah pegunungan dan berkapur, sehingga mudah sekali kita jumpai Goa goa di sepanjang wilayahnya. Tempat wisata yang paling terkenal adalah Pantai Klayar, karena pantai pasir putih dan karang raksasa, Pantai Banyu Tibo, karena adanya air terjun di pantai, dan Goa Gong yang dikenal sebagai goa tercantik se asia tenggara. 

Untuk oleh oleh Pacitan yang paling enak adalah Tahu Tuna, ini mesti dicoba, banyak lho yang jualan di sekitar kota Pacitannya sendiri. Oh ya selama di Pacitan saya banyak sekali melihat bule bule dengan motor yang membawa peralatan berselancar, mungkin mereka sudah bosen di Bali yang crowded dan beralih ke Pacitan ya ..

https://www.instagram.com/p/BNqIvM-jjj2/

short video riding pacitan

GOPR4062

sampai di gerbang kota Pacitan (dari arah barat)

 

GOPR4138

di pantai klayar

 

GOPR4954

pantai banyu tibo

IMG 1300 2

di dalam Goa Gong

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s