Sharing Big Data ke ITERA

Pada tanggal 31 Januari 2017, Saya memberikan materi tentang Data Science Business Perspective pada acara meetup komunitas idBigData dan Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI) di Institut Teknologi Sumatra (ITERA) – Lampung. Kesempatan ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi ITERA. Saya sudah mendengar mengenai kampus ini sejak 2-3 tahun yang lalu, yang mana pada saat itu mereka sedang gencar gencarnya membuka lowongan dosen. Acara di ITERA ini adalah juga acara Big Data pertama kali yang saya ikuti di luar jawa. Hal ini sangat menarik karena kita juga perlu memeratakan pengetahuan mengenai Big Data di kampus kampus di luar pulau jawa.

Acara idBigData meetup ini sudah diadakan 12 kali, setiap bulan rutin diadakan dengan bersafari ke kampus kampus di seluruh Indonesia. Kali ini acara cukup istimewa karena AIDI yang baru dibentuk bulan november 2016 ikut berperan serta. Sebagai info idBigData berkonsentrasi kepada metodologi komputasi Big Data sedangkan AIDI berkonsetrasi kepada aktivitas analytics Big Data.

Selain saya yang mewakili AIDI, pemateri lainnya adalah Ibu Masayu (ITB / ITERA) yang membawakan materi peringkasan text bahasa indonesia, Pak Beno (Solusi247) mengenai kedaulatan data Indonesia, Pak Sigit (idBigData) mengenai engine Big Data Yava. Peserta yang hadir adalah mahasiswa dan dosen ITERA, dan juga industri, pemerintah, dan mahasiswa lampung di luar ITERA. Ini sangat menarik melihat keragaman peserta yang ikut hadir pada acara ini.

Streaming video materi saya dan foto fotonya bisa dilihat berikut ini :

FullSizeRender 3

IMG 0777

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s