Komite IT Bandung #Clicksquare #7thSky #CreativeHub

Permasalahan utama bangsa kita untuk bersaingan dalam industri konten kreatif bukanlah karena kekurangan talent untuk membuat konten tersebut, tapi lebih kepada tidak adanya ekosistem yang secara optimal mendukung, memupuk budaya kreatif dan mempromosikan produk kreatif. Faktanya, pemerintah sudah repot dengan permasalahan permasalahan urgen lainnya, sehingga industri kreatif ‘terpaksa’ mencari jalan sendiri untuk bisa bertahan dan berkompetisi. Kondisi ini jauh dari ideal dalam mendukung industri yang kompetitif di tingkat global dan regional.

Tempat kreatif (creative hub) yang representatif terhadap kebutuhan komunitas kreatif sangat diperlukan, oleh karena itu Clicksquare menyediakan tempat yang digunakan untuk pengembangan komunitas kreatif. Tempat ini menyediakan studio, kelas, lab untuk berkreasi seperti studio musik, fotografi, animasi dan lain lain. Komunitas binaan clicksquare akan melakukan aktivitas pengayaan diri dan networking / kolaborasi antar komunitas. Beberapa aktivitas itu adalah antara lain workshop / pelatihan, eksibisi, kompetisi, dan inkubasi. Diharapkan dari aktivitas aktivitas tersebut akan dilahirkan startup startup baru. (oh yah baca wawancara saya dengan dailysocial  secara detail tentang hal ini disini)

Dalam operasionalnya, pengembangan komunitas dan pengayaan konten di bawah tanggung jawab suatu yayasan yang bernama 7thsky Foundation.Yayasan ini terdiri dari berbagai komite yang membawahi banyak komunitas, diantaranya adalah komite musik, komite fotografi, komite film, komite kerajinan tangan, komite wisata kreatif, komite visual arts, dan komite IT. Saya sendiri diminta bantuan untuk mengembangkan komite IT. Sebagai dosen yang membutuhkan aktivitas pengabdian masyarakat maka tanggung jawab ini saya terima dengan senang hati. Beberapa komunitas yang bergabung sampai saat ini dibawah komite IT yang saya urus adalah komunitas Internet of Things (IoT), komunitas Robotic, komunitas Game Development, dan komunitas User Experience (UX).

Komite IT mempunyai Visi : Meningkatkan potensi, kedaulatan, dan daya saing bangsa Indonesia melalui penguasaan TIK dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Misi : Meningkatkan potensi melalui edukasi, kolaborasi, inkubasi bidang TIK sehingga menghasilkan talent yang kompetitif dan berjiwa kewirausahaan. Strategi : Menempa talent melalui program workshop, kompetisi, eksibisi dan inkubasi sehingga talent mempunyai kemampuan dan daya saing tinggi untuk berkompetisi dalam bisnis lokal dan global. Tentunya untuk mewujudkan visi, misi dan strategi diatas, maka perlu kerjasama dan dedikasi / keyakinan yang tinggi demi Indonesia yang lebih baik tentunya. 

Pada tanggal 17 Maret 2017 Clicksquare telah mengadakan acara soft lauch / open house dengan mengundang komunitas komunitas dibandung. Rencananya fasilitas ini akan grand opening pada tanggal 11 Mei 2017 yang dibarengi dengan aktivitas lainnya seperti eksibisi dari komunitas, konferensi, dan lain lain. Jika anda mempunyai komunitas kreatif dan ingin ikut serta bergabung di hub ini, maka jangan ragu ragu kontak yayasan diatas, khusus untuk bidang IT bisa langsung japri personal ke saya …

video clicksquare

live streaming open house

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s