Dunkirk, Perang Dunia 2, dan versi Nolan

Dari dulu saya sangat tertarik dengan sejarah perang dunia 2 (PD2) , terutama perang di zona eropa. Sepertinya, semua detail operasi pada PD2 tersebut sudah saya baca dan pelajari dari buku, majalah, film dan juga komik, baik cerita sejarah aktual maupun fiksi dengan latar belakang PD2 tersebut. Salah satu komik yang sering saya tunggu tunggu dahulu adalah komik tentang PD2 yang sempat terbit di Indonesia (gambar di bawah). Kesibukan sekolah dan kuliah, sempat membuat saya tidak secara intense membaca cerita sejarah PD2 tersebut. Tapi saya sudah bisa membedakan mana cerita PD2 yang sejarah dan mana yang fiksi.

Setelah lulus kuliah S1, saya sempat berkuliah S2 dan tinggal di Prancis, dimana banyak sekali buku buku sejarah PD2 dalam berbagai sudut pandang dan versi. Buku buku tersebut bisa dipinjam gratis atau dibaca di perpustakaan kota. Saat waktu senggang saya bisa menghabiskan waktu berjam jam untuk membaca buku buku tersebut. Selain ilmu sains (matematika dan informatika) yang saya tekuni, ternyata minat saya ke sejarah juga sangat besar.

Film film mengenai PD2 sepertinya mayoritas sudah saya tonton, beberapa terbaik yang saya ingat adalah Saving Private Ryan (1998), Stalingrad (1993), Schlinder List (1993), The Pianist (2002), Valkyrie (2008), Allied (2016). Kesemuanya di list tersebut adalah film PD2 di eropa, untuk PD2  di Asia lebih sedikit film favorit saya, yang teringat adalah Empire of The Sun (1987), Letters from Iwo Jima (2006), dan Flags of Our Fathers (2006). Dari sudut peperangan saya rasa film Saving Private Ryan  adalah yang paling seru terutama 30 menit pertama yang menggambarkan pendaratan pasukan sekutu di Normandy. Sedangkan film yang paling menguras emosi adalah Stalingrad yang menggambarkan penderitaan pasukan jerman di Perang Stalingrad dan The Pianist. Oh yah ada satu film mini seri seru yang wajib ditonton buat penggemar PD2, yaitu Band of Brothers (2001) 

Dunkirk (2017) adalah film karya sutradara jenius Christopher Nolan yang terbaru. Sebagai penggemar PD2, tidak ketinggalan saya menunggu nunggu rilis film in. Bagi penggemar sejarah PD2 Dunkirk adalah peristiwa aneh, dimana kesalahan taktik sekutu (terutama jendral Prancis, Gamelan), membuat 400 ribu pasukan sekutu terpojok  oleh oleh pasukan Jerman Nazi dari dua sisi pada satu pantai di utara Prancis yang bernama Dunkirk atau Dunkerque.

Kesalahan ini terjadi pada masa awal PD2 (1940) yang pada akhirnya menyebabkan jatuhnya Prancis, Saya sebut peristiwa aneh karena pada saat pasukan sekutu terpojok di pantai tersebut dan putus asa mencari bantuan untuk menyeberang ke Inggris, eh malahan pasukan Jerman berhenti menyerang selama 3 hari. Selang waktu 3 hari tersebut akhirnya berhasil membuat sebagian pasukan sekutu bisa kabur menyeberang selat Inggris untuk kembali ke Inggris. Sampai sekarang latar belakang kenapa tentara jerman berhenti menyerang, masih diperdebatkan oleh para sejarawan.

Nolan adalah sutradara jenius, saya penggemar karya karyanya sejak Batman Dark Knight, dilanjutkan dengan Inception, Dark Knight Rises, dan yang terakhir Interstellar. Film tentang PD2 dan Nolan membuat saya ga sabar menonton Dunkirk.  Nolan mempunyai ciri visual dan storytelling yang unik, demikian juga Dunkirk ditampilkan tidak dalam bentuk intensif ke adegan peperangan, tapi lebih ke menggali emosi prajurit prajurit yang terjebak tersebut, sehingga penonton diajak masuk ke dalam pengalaman mereka. Adegan sadis tidak diumbar secara nyata seperti pada Saving Private Ryan, akan tetapi kekejaman perang ditampilkan secukupnya. Emosi prajurit yang melihat kematian rekan rekannya di eksplorasi secara baik. 

Nolan tidak menceritakan sejarah, dia hanya mengambil sekian hari kejadian di Dunkirk untuk mengajak penonton memahami cerita cerita individual disana. Overall saya sangat suka storytelling cara Nolan. Bagi yang tidak mengikuti PD2 tentu akan sedikit bingung dengan latar belakang kejadian Dunkirk ini, tapi saya yakin sepotong cerita pada film tersebut saya rasa sudah cukup memberikan hiburan (yang serius) .. 

Oh yah saya nonton bareng anak, yang tentu saja tidak paham PD2 dan latar belakang Dunkirk, dia mau nonton karena ada personil band favorit (One Direction) dia yang main di film ini.  Dengan motivasi yang berbeda akhirnya dia juga paham tentang peristiwa ini dan pernah menjadi bagian penting dari sejarah dunia. 

 

Dunkirk poster

poster film dunkirk (2017)

Img2307 1445312476

komik dunkirk yang saya baca semasa saya masih SD (sumber google)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s