Rusaknya Macbook Air

Pada entri blog kali Ini saya mau sharing pengalaman pahit mengenai rusaknya macbook air punya istri. Jadi ceritanya, sekitar dua bulan lalu istri sedang berada di luar kota untuk mengikuti konferensi. Macbook dibawa karena dia akan melakukan presentasi pada satu sesi di konferensi tersebut. Selama tidak dipakai, macbook dia simpan di tas, bercampur dengan botol air mineral yang memang kemana mana selalu dia bawa. Ini merupakan kecerobohan fatal karena kemudian karena sesuatu hal botol air tersebut tidak tertutup dengan sempurna dan akhirnya tumpah di dalam tas dan mengenai macbooknya. Setengah botol air tumpah dan tentunya merendam macbook di dalam tas tersebut.

Panik karena materi presentasi ada di macbooknya, maka istri berusaha mengeringkan macbooknya tersebut menggunakan hair dryer sampai ‘tampaknya’ keliatan kering, tapi tidak sampai mengeringkan bagian dalam macbook , ini fatal, dan sayangnya saya ga ikut waktu itu sehingga tidak bisa memberikan saran yang tepat dan cepat. Karena urgent harus segera presentasi, istri akhirnya cukup puas dengan kondisi macbooknya bisa nyala lagi dan berhasil dipakai untuk presentasi hari itu.

Selama dua bulan karena macbook tersebut bisa nyala dan beroperasi normal sebagaimana mestinya, kita ga curiga kalo bagian dalamnya ternyata belum sepenuhnya kering, sampai akhirnya suatu hari dia mati total. Kita bawa macbook tersebut ke service centre apple ibox di jalan dago, sambil berpikir ini pasti cuman kerusakan kecil (problem dengan batere atau power). Ternyata alangkah kagetnya kita setelah dibuka casing belakangnya, ditunjukkan bahwa bagian motherboard sudah berkarat :(. Menurut tukang servisnya sudah pasti board tersebut mati total. Sayang saya tidak sempat memotret di tempat service karena keburu panik tahu bahwa macbook tersebut bakal mati total, tapi penampakan boardnya seperti gambar dibawah ini, dimana warna hijau itu adalah warna karat

MacBook-Pro-Liquid1

Menurut tukang service, biaya penggantian board adalah 5 juta lebih, dan harus juga mengganti power converter seharga 2.7 juta. Harga tersebut belum termasuk parts lain yang kemungkinan ikutan rusak juga. Akhirnya kita pasrah aja, kita minta boardnya dibersihkan dari karat, dan test komponen sisanya masih bisa jalan atau tidak, kemudian nanti akan kita jual sebagai spare part (barang kanibal). Ok, semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran buat yang lain kalau sampai macbooknya kena air secepatnya buka bagian board, dikeringkan sampai kering sebelum dihidupkan kembali. Menurut saya macbook air ini cukup luar biasa juga, sudah kerendem air tapi masih bisa berfungsi sampai 2 bulan kemudian 😀 ..

Advertisements

5 thoughts on “Rusaknya Macbook Air

  1. halo mas , saya punya macbook air ini pengalaman yg buruk juga sih , baru pakai sekitar ga sampek 1 tahun charger nya rusak sampek ganti 2 kali , lalu belakangan ini sering mati mati kalau dipakai padahal posisi di charger , ternyata setelah di bawa ke tempat service apple di surabaya (global apple) kenak motherboard nya dan biaya ganti nya sekitar 6jt an , emg biaya yg ga sedikit menurut saya , jd saya mau tanya macbook nya mas setelah ganti motherboard apa masi sering ada kendala atau baik baik saja saat dipakai ? , terimakasih

    • halo elfira
      akhirnya macbook air itu saya jual apa adanya (rusak) dengan harga 1.5 juta rupiah, karena banyak yang mau beli di di ambil monitornya. kemudian kita beli macbook air bekas 128 gb seharga 8 juta. menurut saya daripada memperbaiki abis 6 juta mendingan beli sekalian yang berfungsi 100%, bekasnya sekarang sekitar 7-8 juta ..

  2. halo mas, macbook saya rusak karena ketumpahan air, namun masih bisa dipakai sampai baterainy habis. lalu saya diamkan sampai beberapa hari karena saya kira tidak kenapa2, lalu setelah beberapa hari macbook tsb saya charger dan tidak bisa dinyalakan. lalu saya bawa ke service centernya dan dia bilang kalau mac saya korosi, dan harus membayar 7.6 juta. apakah harga tersebut wajar mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s