Mata Kuliah Baru Blockchain

Semester genap 2022/2023 ini menjadi semester yang istimewa bagi saya, karena baru pertama kali mata kuliah blockchain diluncurkan di prodi S1 MBTI, FEB, Telkom University. Rasanya ini juga mata kuliah blockchain pertama yang diluncurkan di fakultas ekonomi dan bisnis di seluruh Indonesia. Saya belum pernah dengar ada kampus lain yang fokus di blockchain. Nama mata kuliahnya adalah “Teknologi Blockchain dan Ekonomi Token”. Nama ini kami pilih, karena memang fokusnya kami ingin teknologi blockchain untuk inovasi atau penciptaan nilai baru, walopun kami juga bahas implementasi blockchain untuk bisnis, namun porsinya lebih sedikit.

Tentu saja proses lahirnya kuliah ini tidak secara tiba tiba, kami rintis kira kira 1 atau 1,5 tahun sebelumnya. Saat itu saya sering memberikan literasi, baik ke kolega dosen maupun ke govenrment dan industri, terutama industri crypto exchange, nft, dan metaverse yang banyak lahir waktu itu. Akhirnya Tokocrypto dan partner.inc membantu kami untuk menyusun kurikulum dan mendatangkan ahli untuk memberikan training kepada dosen selama beberapa bulan.

Kebetulan juga di prodi berhasil mendapat hibah dikti untuk pembangunan lab. di kampus. Maka lahirlah lab. blockchain, yang isi dan temanya dibantu oleh industri terutama yang ada dibawah Asosiasi Blockchain Indonesia.

Mata kuliah ini terdiri dari 16 pertemuan, 4 diantaranya akan diisi industri. aktivitas lab, sebanyak 11 pertemuan selama satu semester

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.