Pengalaman Memilih City Car (Splash vs March)

Pada tahun 2011 kami membeli Karimun Estilo yang reviewnya ada di sini. Mobil  inipun dengan setia mengantar kami bepergian ke kantor atau mengantar anak anak ke sekolah selama 3 tahun. Kesan kami selama 3 tahun bersama mobil ini  adalah perawatannya sangat murah (irit BBM) dan mudah (tidak rewel), harga partnya pun juga terhitung sangat murah. Sampai akhirnya kami merasa bahwa ruang kabin karimun tidak lagi bisa mengakomodasi pertumbuhan anak anak kami yang makin besar dan membutuhkan ruang kabin yang lebih luas. Saya berpikir untuk upgrade, tapi dalam koridor city car, karena kami sudah mempunyai kendaraan jenis MPV. Proses upgrade sendiri agak panjang, udah sekitar sebulan terakhir prosesnya.

Suatu pagi di hari minggu yang cerah, saat saya bersepeda, saya melewati tempat test drive Karimun Wagon R di daerah perumahan saya. Iseng iseng saya coba tawaran si sales untuk melakukan test drive, dan ternyata saya terkesan dengan kemampuan mobil LCGC ini. Saya catat beberapa keunggulan dibandingkan Karimun Estilo adalah kabin yang jauh lebih lega, banyak tempat untuk simpan barang, kopling ringan, dan tarikan bawah yang cukup galak. Saya tergoda untuk upgrade ke mobil LCGC ini. Setelah dihitung hitung ternyata perhitungan untuk upgradenya cukup besar, kira kira harus nambah sekitar 30 jutaan, nah kamipun berpikir ulang karena upgrade fitur kendaraan kurang seimbang dengan biaya upgrade yang dibutuhkan. Setelah dipikir ulang, saya sadar bahwa kebutuhan kami adalah lebih dari Karimun Wagon R, Saya membutuh mobil matic, karena selama ada Karimun Estilo, saya males nyetir mobil tersebut untuk menembus kemacetan bandung.

Calon pertama yang saya bidik adalah Suzuki Splash Matic, memang biaya upgrade akan lebih mahal daripada ke Karimun Wagon R, tetapi saya mendapatkan mobil matic dengan cc yang lebih besar, mesin 4 silinder dan kabin yang jauh lebih luas. Saya juga mempertimbangkan mobil lain di kelas 1200 cc dan 1500 cc, tetapi pada akhirnya saya putuskan untuk mengambil kelas 1200cc, karena dengan kapasitas mesin segitu sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan dalam kota, sedikit lebih irit dari 1500cc dan pajak lebih ringan.

Meskipun saya sudah membidik Splash, saya merasa perlu membandingkannya dengan merk lainnya di kelas 1200 cc, maka saya mulai menghubungi beberapa sales merk lain untuk melakukan test drive (beberapa diantaranya) . Saat ini (juni 2014) di pasaran ada beberapa mobil kelas 1200cc matic antara lain Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Nissan March, Suzuki Splash dan Kia Picanto. Kesimpulan saya terhadap mobil mobil tersebut adalah :

  • Honda Brio : AT paling halus, bagasi agak sempit, mesin 4 silinder, mobil pendek (saya pernah test drive punya teman)
  • Mitsubishi Mirage : Interior paling keren, bagasi besar, mesin 3 silinder, tapi model ga suka (selera)
  • Kia Picanto : Langsung saya coret karena kecil, dan modelnya yang lama lama membosankan (selera)
  • Nissan March : AT agak boyot padahal saya test yang versi 1500cc, suspensi empuk, atap kabin rendah jadi berkesan sempit, mesin 3 silinder, model suka (test drive di nissan veteran)
  • Suzuki Splash : AT agak kuno dan kurang halus, tarikan bawah galak, suspensi keras, kabin tinggi jadi berkesan luas, ground clearance tinggi, mesin 4 silinder, model suka (test drive di suzuki ahmad yani)

Setelah sorting semua pilihan diatas, pilihan terakhir tinggal Nissan March dan Suzuki Splash, maka saya bandingkan keduanya. Harga March 143 juta, ini lebih murah 3.8 juta dari Splash yang harganya 146,8 juta. Model saya lebih suka Splash, karena faktor sudah bosan lihat banyaknya mobil March di jalanan. Bengkel saya lebih suka Suzuki karena banyak bengkelnya di Bandung dan cenderung tidak ramai, pengalaman dengan suzuki juga sparepartnya murah, bengkel Nissan cuman sedikit di Bandung dan jauh lokasinya dari tempat kegiatan saya. Posisi nyetir Splash tinggi jadi lebih mirip nyetir Avanza, sedangkan March lebih mirip sedan, dalam kemacetan saya lebih nyaman berada di mobil posisi setirnya lebih tinggi. Ground clearance Splash tinggi jadi keuntungan dalam melibas banjir. Dan ada beberapa pertimbangan tidak begitu penting lainnya akhirnya saya (dengan persetujuan keluarga) memutuskan meminang Suzuki Splash.

Berikut beberapa penampakan Splash yang baru parkir di depan rumah ..

WP_20140629_12_13_17_Pro

WP_20140627_16_45_42_Pro

Advertisements

78 thoughts on “Pengalaman Memilih City Car (Splash vs March)

  1. kerasnya splash setara sama apa kang andry?udah setaun ini apa aja keluhannya?saya lagi pertimbangin mirage/splash..nuhun sharing pengalamannya..

    • halo pak ali, saya pake splash buat harian (+/- 60km per hari) lewat jalur tol. saya seringnya sendirian. saya juga udah nyobain mirage.
      splash itu kerasnya bikin mobil stabil untuk belokan yang tajam dengan kecepatan yang tinggi, kalo mirage jadi limbung/rolling karena suspensinya empuk. Tapi karena terbiasa dengan splash saya juga udah nyaman dengan shock keras. kalo penumpangnya banyak shocknya jadi lebih empuk ..
      keluhannya adalah material interior yang kurang bagus, sehingga kurang kedap suara, jadi saya tambahin peredam sediri disemua pintu (habis 500 ribu)

      • Kang andry penggunaan mayoritas tol 60km an/hari cocok bgt pake splash krn rata rata kcptn menengah…nuhun pisan replynya kang..berguna bgt…kalo saya cenderung utk penggunaan bertiga dgn istri dgn anak(2 thn), kondisi jalan bergelombang& banyak polisi tidur..mungkin lbh cocok yg tidak keras..😊 , tp saya suka ground clearancenya dan posisi drivingnya yg tinggi..

      • iya pak, kalo buat keluarga, jalannya kurang bagus, dan jarang ngebut, mending yang empuk. menurut saya yang paling empuk itu brio dan mirage. cuman mirage masih 3 silinder, lebih irit tapi suara lebih kasar. dahsboard dan kenyamanan cabin mirage paling keren ..

      • Brio syaa pernah jd penumpang, kesannya aga sempit sih kang..aga hawatir belakangnya full glass juga.tp mesinnya bagus klo brio..kayanya tetap saya harus tes drive splash dulu supaya yakin..makasih ya kang andry inputnya..😃..really helpful. semoga happy terus sama splashnya kang..

  2. terima kasih artikelnya, setelah membaca postingan anda dan dengan mempertimbangkan banyak hal, maka akhir tahun 2014 kemarin saya beli splash. sampai dengan saat ini saya puas pada performanya. istilahnya best value utk mobil sekelasnya.

  3. Masih galau mau ganti mobil Suzuki Splash … harganya terlalu mahal smasak sampai 170an jt? Ada info Dealer yg bisa kasih harga diskon “bagus” gaq yah Oom? Makasih banyak

    • itu mungkin price list, saya waktu beli dulu pricelistnya 160an tapi ternyata diskon sampai 20 juta jadi 140an, malah sempet juga waktu itu jadi 130an .. tanya aja harga sesudah diskon ..

  4. Kalo menurut saya Nissan March bagus juga, karna produk termasuk produk global yg sudah lama dijual di Eropa,canada, mexico,china(gak mudah juga menembus pasar2 tersebut).
    Hanya beda nama disana namanya Nissan Micra.. Sayangnya Suzuki Splash kabarnya sudah mulai tidak diproduksi lagi(baca di internet).
    Kalo soal transmisi AT Nissan March 1.5 terasa agak lambat/lemot itu karna transmisi CVT nya bersifat smooth/ lembut & nyaman. Tidak menghentak-hentak/agresif seperti transmisi konvensional. Dan CVT bagus buat konsumsi BBM.. Buktinya sudah banyak mobil yg “mahal” memakai teknologi CVT untuk alasan agar lebih irit. Menurut pengalaman saya sih kalo mobil terawat rutin ganti oli CVT nya & bbm nya pake pertamax, rutin servis tune up ,tuh Nissan March tidak lemot bahkan lincah responsif buat zig zag di perkotaan, juga jadi lebih irit. Apalagi tenaganya March yg 1500cc lebih besar dibanding Splash yg 1200 cc (hehe wajar CC lebih besar) jadi keuntungannya klo mobil muatan full tidak lemot krn beban angkutan dan beban mobil. Keduanya bagus punya nilai plus dan minus, tinggal sesuai kebutuhan masing2,kondisi keuangan, dan selera.

    • Iya nissan march juga bagus, tapi untuk karakter berkendara saya lebih cocok AT dengan tarikan bawah yang lebih narik. Kalo terlalu lembut saya bisa stress sendiri untuk nyalip nyalip dengan cepat …makanya kemarin pilih splash …

      • Setuju Bos Memang yg March 1200 cc wajar Klo kalah tarikan bawah dari Splash karna hanya 3 silinder tenaga lebih kecil, mobil ini menyuruh supirnya banyak sabar2 haha, tapi positifnya ya pasti konsumsi bbm lebih irit.

        Tapi Nilai plus March juga ada di bagasi yg lebih besar dari splash,setirnya ringan bgt buat manuver2, ruang penumpang belakang lega cukup nyaman duduknya & suspensi empuk jadi buat perjalanan jauh gak lelah bgt, modelnya juga lucu & gak keliatan cepet jadul.
        Klo March yg 1500 tenaganya besar sekitar 109 PS@6000 rpm kurang lebih sama dgn Yaris, pasti gak lemot kecuali unit yg di tes mungkin tidak dalam kondisi prima misal bbmnya pake premium atau mobil blum servis tune up. Karna Sy baca2 Figur tes akselerasi nissan March di media pun untuk 0-100km/jam sekitar 12 detik, cukup cepat di kelasnya yah. Makanya sy pilih March 🙂

  5. Om metallica ini bukan sales nissan khan ?, kalo sales nissan saya sih males berdebat hehe. Ok splash 1200cc juga dan saya emang carinya dari awal adalah 1200cc. Kalo mau 1500cc pilihannya jadi byk, ada jazz, mazda2, ford dll. Saya pake splash irit juga dan saya malah cari setir yang berat karena lebih stabil untuk kecepatan tinggi, saya biasa rumah-kantor lewat jalan tol sepanjang 25km sekali jalan. Untuk speed 100-125 km kestabilan splash mantap dengan setir yang ga terlalu ringan. Bagasi belakang splash juga ga kecil kecil amat, saya biasa bawa ampli bass yang lumayan gedd buat latihan ngeband .. dan bisa cukup dua amplifier besar di bagasi belakang. Oh yah saya juga beberapa kali sudah coba march punya teman sesudah beli splash … produk bagus, betul lebih cocok buat sopir yang sabar, dan ini ga cocok dengan karakter nyetir saya yang cenderung nyelip nyelip cepat didalam kota ..

    • Hehe Bukan Om Andry, sy juga user biasa dan pemerhati otomotif.. Saya juga mau debat Om.. Kita damai lha diskusi baik2 ya gak? Hehe.
      Maaf biar gak saya dikira fanatik Nissan semata walau sy memang suka Nissan. Dirumah jg ada Corrola 2002,CRV 2010 dan Terrano 2002. Memang di kelas 1500 cc banyak pesaing lain kaya Yaris,jazz,fiesta hehe TAPI kan semua nya itu harganya jauh lebih mahal diatas March semua om. Lebih Value for money lha.
      Teknologi Stir ringan(EPS)saat kecepatan rendah Itu enak buat parkir2 atau selap selip di jalur dalam kota.. tapi bukan berarti juga gak stabil di Tol karna sudah EPS kalo kebut di tol setirnya jadi lebih berat dan anteng itu karna teknologi EPS nya 🙂
      Di bawa di tol sampe 140an pun masih cukup stabil kok malahan di grup nissan March di kaskus ada yg ngaku sampe bawa 180an tuh sy baca2, coba aja browsing Om.. Gak lemot kan TAPI yah JANGAN DITIRU yah buat yg baca2 BAHAYA! KEEP SAFETY.
      Hehe, om Andry pernh bawa March ngebut di tol blum?? Dgn catatan kondisi kaki2 mobilnya harus sehat.
      Sy juga bisa suka Nissan karna nissan punya DNA balap yg kuat. Nissan GTR cukup sering juara di “Super GT 500” jepang mengalahkan lexus dan honda, Kalo nissan Fairlady sering juara di world formula drift. Mobil2 offroadnya pun legendaris kaya Nissan Patrol,X-Terra, Terrano, pathfinder terkenal tangguhnya klo di negara2 Timur tengah, eropa,amerika, Australia.

      • Saya belum pernah sih bawa march ngebut. Tapi saya akui setir enteng kalo dalam kota jadi buat cewek lebih nyaman biasanya. Saya sih ga keberatan dengan setir sedikit berat. Dibandingkan freed malah splash lebih berat. Kalo saya ga fanatik suzuki malahan, cuman enaknya bengkel suzuki banyak di bandung. Cuman tahun 2014 kemarin best choice menurut saya yah splash. Ga tau kalo sekarang, ga update lagi …

      • Allhamdulillah Positifnya Setir enteng juga biar gak cepet cape & strees dijalan om bagi saya ya, gak peduli yg bawanya laki atau perempuan pasti bisa cape n letih terutma ayg habis bekerja, apalagi misalkan klo “orangtua” kita yg lg mau bawa mobilnya jalan, kan kasian orang tua bawa mobil setir yg kurang ringan.:)
        Tapi pilihan Om Andry gak salah kok Om.. Splash juga bagus dan mantap, posisi nyetirnya enak. Yg sy kurang suka model belakangnya aja. Tapi yah itu kembali masalah selera orang yg berbeda2.

      • Toyota jg pnya dna balap cthnya mobil legend nya ae86 dan gt86 yg di puji clarkson sbg perfect car. Honda jg pnya dna balap buktinya tim F1 honda. Bgtu jg subaru di rally, mitsubishi di rally, suzuki jg di rally tapi…. Ga artinya smua track record mereka PASTI menghasilkan mobil bgs berkelas kan? Cth honda di australia? Ga ada yg peduli dgn produk yg ga berkembang sejak jazz gen 1. Toyota di aussie memang masi no.2 itu jg cm berkat reputasi daya tahan disalip hyundai tahun lalu krn mulai kalah fitur dan teknologi mesin plus garansi. Mazda justru 1 1nya merk japan yg sedang menanjak di mana2 walo ga punya DNA juara ajang balap international toh?
        Nissan di aussie? Pathfinder versi cvt nya di cela abis ampe di cap produk gagal pdhal notabene CVT itu teknologi dr prusahaan yg sahamnya di miliki nissan sendiri. Nissa micra emang ada di bnyk negara tp liat figur penjualannya micra sama skali ga dilirik di eropa dan aussie di amrik selatan kalah pamor sama mirage di asia teng kelibas brio.
        EPS jg bkn teknologi baru dan hit n miss. Berat saat ngebut? Uda di buktiin belum? Slama yg pernah saya baca mayoritas komplain mobil ber eps krn emang ngeri stir kelewat ringan saat di atas 100km. Powersteering biasa jstru malah lbh bagus dan stabil kyk di yaris ga bs deg deg an waktu nyetir, smua ini pengalaman pribadi bkn hasil googling. Nyetir freed aja tuh cth nya pake EPS kagak enak, saya lbh prefer yaris kodok lama, taruna, kijang, karkot, panther, vios, bahkan saya ngomporin trs ortu krn ga suka stir EPS nya freed yg kadang mo parkir aja ga berasa roda nya lg ngarah kemana, jgn nanya lg klo jalan 120km ga brasa mantep nyentuh aspal kek melayang which is dangerous. Saya sih ga mo bedebat jg tp menjagokan sbuah produk ato teknologi yah kudu ada dasar pengalaman nyata ato informasi yg valid dan faktual biar yg baca ga sesat krn bias dan animo berbeda cerita dgn praktek real di lapangan. Salam.

  6. Saya kok masih galau diantara 2 merk ini….
    Sudah ada mpv buat keluarga. Lha yang ini rencananya mau dipakai kalau pas sendirian. Jalur luar kota. Sekitaran gunung lawu solo….
    Galau…. Splash…. March……

  7. saya pemula minat 2 merk ini..Splash Vs March 1.2.Tanya masalah ke iritan dan biaya perawatan di antara 2 mobil ini??mohon ptunjuknya…suwun

  8. maaf mau nanya nih, soalnya istri saya kepengen banget beli splash. Cuman menurut informasi katanya kampas kopling splash cepat kalah/aus. Apa benar ya……..

  9. soal kecepatan saya pilih splash. kalau march 1.2cc bisa tembus berapa? splash bisa 169kmh. apalagi splash modelnya lebih bagus dibanding march. march ma cocok nya ama cwek.

  10. Untuk keiritan bbm splash gmn kang?(pemakaian wajar) berapa km/l? Daerah saya cenderung berbukit bukit. Apa splash recomend ? Pilihan saya saat ini jatuh pada splash dan sirion. Mohon sarannya kang.

  11. Pak Andry Slamat sore ,sebetulnya semua mobil pada dasarnya enak semua ,Tinggal kita menyukai tidak mobil itu
    Saya pengguna Splash th 2013 ,saya merasa nyaman dengan mobil Splash ,tapi bukan karena mobil Splash paling bagus ,memang pertama beli pilihan saya jatuh dengan Splas dengan pertimbangan saya suka modelnya,dan dari segi financial masih terjangkau .
    Intinya kita memiliki suatu harus bersyukur ,sehingga kita bisa menikmati apa yang kita dapatkan .

  12. Saya koq lbh suka modelnya splash ya drpd march. March feminim ky cewek. Tp sampe skrg sy sih pake Go-Jek aja biar cepet. Atau Grab Car biasanya.
    Apesnya ya bajay … hehehe
    Naksir Splash yg warna Coklat

  13. Salam ti Bandung kang Andry… saya juga pengguna Splash 2012 manual.. sudah 4 tahun saya pakai mobil ini… overall puas! splash ini dipakai untuk keperluan luar kota, (dalam kota andalan tetap motor, kebetulan lokasi rumah di tengah kota) krn tau sendiri bandung macetnya kyk apa. btw… soal splash ini yang paling saya KAGUMI adalah ditarikan bawah.. terutama di Gigi 2, bisa nyalip bbrp mobil dengan sangat mudah. saat di gas spontan, rasanya badan langsung tertarik ke belakang..hehe terutama saat melewati daerah tomo/sumedang menuju bandung. kondisi jalan cenderung menanjak, biasanya daerah tersebut musuhnya bus & truk yang merayap..

    Untuk jalur tol nyaman tidak ada masalah, splashy (sebutan saya) masih sanggup lari 160 kpj.. Ban saya ganti dengan Tapak lebar Yokohama uk.16″… bahayanya justru kalau saya nyetir sendiri Jakarta-Bandung PP… krn saking enaknya tarikan splashy ini saya lupa klo ini bukan kategori mobil sedan atau sport hehehe… hanya road noise semenjak ganti ban terasa sampai kabin, cukup mengganggu terutama pada kondisi jalan yg kasar.

    Oh ya, entah kebetulan atau apa, saya bukan maniak suzuki.. tapi mobil yg pernah saya pakai sebelumnya, Suzuki Amenity, Katana dan Karimun Kotak juga. dan Spashy saya adalah yang paling irit…

    salam,

    touqid.wordpress,com

  14. Waduh…
    Ini bahasan tambah bikin galau. Timbang2 4 mobil sesuai kantong. March, sirion, ayla, & agya. Yg murah, AT, bagasi luas, ruang penumpang luas, irit. Jadi nambah 1 daftar pencaharian SUZUKI SPLASH. Bener2 mohon pencerahan suhu. Gak ngerti mobil, mesin, mana mobil bagus mana yg jelek, mana yg bekas kerendem banjir, mana yg bekas tabrakan. Kemungkinan nyari di mobil 88.

    • Kabar terakhir splash udah ga dijual, jadi skrg splash AT bakal jadi barang langka, kebanyakan splash yg dijual MT yah, jadi harus bersabar utk dapetin barangnya. Kalo agya/ayla mesinnya (1000cc) dibawah splash yah, untuk interior sih kedua mobil ini lega, tapi utk tarikan ga seenak splash. Kalo sirion skrg ada versi barunya bisa di coba juga ditest. March udah saya bahas di blog ini … selamat hunting ..

  15. Pak, numpang tanya, kalo bagasinya splash itu mampu menahan barang/beban sampai maksimal berapa kg ya kira2x? soalnya kadang saya perlu bawa material di bagasinya, trimakasih

  16. Mas splashnya bahan bakarnya apaan? Premium atau pertamax?

    Punya saya tahun 2015. Keluhannya ngelitik sampe sekarang padahal bahan bakar Pertamax.

    Sudah bawa ke bengkel resmi juga. Service hilang 3 Minggu trus kambuh lagi

  17. Kang Andrybrew nepangkeun saya Sandy. Saya rencana beli splash matic. Setelah baca review nya yg suangat panjang jd nambah yakin buat meminang si splash AT. Btw Boleh tanya kang pengalaman pake splash waktu ngelibas banjir, seberapa tangguh si splash matic ngelibas itu genangan air. Klo mau gabung splash club boleh di info bagaimana caranya..?
    Hatur nuhun

    • waktu kemarin splash kejebak banjir pasteur (yg bawa sopir), air masuk ke kabin, tapi mesin gpp, knalpot ga kemasukan air. mesin normal, cmn harus copotin dan jemurin karpet splash aja. klub splash ada namanya scsi, bisa di kontak di fbnya kang, saya jarang aktif soalnya ..

  18. Saya pemakai splash manual tahun 2013, koplingnya sangat keras sehingat sangat sangat menyiksa saat jalan macet. Minta saran mas bagaimana mengempukkan kopling.

  19. Pengalaman kami sedikit mirip dengan pak Andry , Suzuki ST 20 Picup th 1983 awal kami memiliki mobil di tahun 1986 , 2 th kemudian kami jual dengan harga lebih tinggi dari harga pembelian
    Untuk mengganti mobil picup kami tetap beli Suzuki ST 20 tapi yang minibus,karena kami mebutuhkan kendaraan yang berpenumpang lebih dari dua orang
    Walaupun mobilnya kecil dengan hanya tiga silindet 550 cc,hebatnya mobil ini tanpa olie mesin hanya dengan olie samping .
    Orang menyebutnya Suzuki Tung Tung
    Sudah menjelajah ke Lampung Ke Jogja lewat Bumiayu yang tanjakanya lumayan untuk ukuran mobil tiga silender 55o cc
    Seperti halnya pak Tauoqid kami juga bukan maniak Suzuki
    Karena setelah mobil kami jual di tahun 1990 dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga pembelian
    Untuk selanjutnya saya berganti ganti merk mobil dari Mitsubisi Daihatdu,Mazda Toyota,
    Yang pada akhirnya entah mengapa ditahun 2012 kami beli merk Suzuki kembali
    Suzuki Karimun Estilo th 2012 lincah ,mungil yang kalo kita duduk dibelakang stir dengan sebelahnya bisa senggolan ,tapi ini tidak berlangsung lama hanya tiga bulan kemudian mobil kami jual alhamdulilah laku hanya berkurangi lima ratus ribu dari harga beli
    Estilo kami jual karena kepincut dengan Suzuki Splash 2013 facelift
    Tapi walaupun saya berganti ganti mobil semuanya MOBKAS,kecuali Suzuki Splash 2013 yang kami miliki sampai saat ini
    Mobil kami koplingnya ringan tidak seperti mbak Nike alami
    Mobil kami beli dii Jambi yang belum begitu macet
    Tahun 2015 kami pindah Jakarta ,karena mengingat usia sudah diatas 60 th
    tentunya untuk berkendara di Jakarta yang macet lutut lama kelamaan terasa ngilu juga walaupun dengan kopling yang ringan
    Kami berpikir untuk mengganti mobil trammisi matic
    Tapi kami merasa sayang mau menukar dengan yang matic ,karena sudah kadung cinta
    Karena itu ami memutuskan untuk memasang alat EASY CLUTH pada mobil kami
    Easy Cluth merupakan alat bantu menekan kopling ,sehingga kaki kiri tidak perlu menginjak kopling,tapi pemindahan gigi tetap secara manual
    Apabila kita perlu manual tinggal merobah switc ke manual ( seperti triptonic gitulah )
    Tapi dibandingkan dengan matic aslinya ,untuk EASY CLUTH memang kurang nyaman apa lqgi untuk pemula
    Tapi kelebihannya apa bila menyalip mobil didepannya tidak perlu khawatir tetap bisa melibas ,
    Bagi kami EASY CLUTH sangat membantu,alhamdulillah sampai saat ini masih kami gunakan
    Demikian mudah mudahan bisa bermanfaat,mohon maaf jika ada kesalahan

  20. Nuhun kang untuk pencerahannya.. Kang Andrybrew mau tanya lagi dong, kan saya naksir Splash AT 2013 KM sudah 33.000an harga 116jt kata akang worth it to buy ga ya..? as info kondisi mesin kering juga suara OK karena pake pertamax kata yg jualnya. tapi di piringan rem rada bergelombang gitu..
    Dengan pengalaman akang pake spalsh AT biasanya setelah KM 33.000 kira2 apa aja yang musti ganti jika bertandang ke bengkel..? boleh di jelaskan selama akang pake splash AT kumaha kang biaya “hidup” nya, mahal atau rata2 mobil jepang..?

    • sepertinya worth aja sih mas kalo kondisi bagus sih. kalo piringan saya sih masih rata km udah 46ribu. kalo bergelombang semua cek ke beres aja kang. miara suzuki menurut saya termasuk murah, karena saya miara honda (mahal bgt) dan kia (termasuk mahal)

  21. sampurasun kang .. mau tanya saya rencana mau beli splash second … perbedaan suzuki splash 2011 – 2014 apa ya , soalnya budged adanya buat tahun segitu , trus bengkel dibandungnya yg recomended dimana ya? hatur nuhun

  22. Salam kenal Kang Andry, semoga sehat dan sukses selalu.
    Saya tinggal di Bandung juga, dan saya pun saat ini punya mobil Suzuki, hehehe, tapi body lebih panjang dari Splash, dan kubikasi mesin cuma lebih gede 176 CC saja.
    Kang, bagaimana tentang Datsun Go ya ? saya mohon pencerahan nih, kebetulan istri saya sedang perlu upgrade mobil nya (Honda Civic LX 1990), dan butuh mobil kecil saja untuk keperluan rutinitas nya. Sebulan ini saya dah banding2kan, dan pilihan terakhir antara beli Suzuki Splash (second) atau Datsun Go baru (yg pendek / 2 baris). Harganya mirip, tapi tentu ada plus dan minus nya.
    Terima kasih Kang Andry.

    • saya belum pernah nyetir datsun go, kalo naik sebagai penumpang pernah, kalo finishing dan nyaman menurut saya masih enak splash yah pak… tapi ya kalo dpt nobil baru boleh juga tuh .. maaf ga bisa review banyak

      • Ooh iya Pak
        Terima kasih informasinya
        Btw … 4 cylinders tentunya lebih baik daripada 3 cylinders

  23. Saya juga oengguna suzuki splash mas, saya punya tahun 2011 MT. Namun untuk kaki2 seperti shock dan stabilizer sdh pernah mengalami keluhan. Stabilizer dpn saya ganti 2x pas KM48000 dan KM 65000. Shock depan jg ganti di KM65000 karena bocor. Mungkin jarena sudah usia diatas 5 taon dan udh lbh dr 65rb km. Saya mau ganti ban, ada saran merk ban dan type apa yg empuk dan tdk bising serta daya cengkram yg baik??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s