Review Yamaha NMax dari Kacamata Pengguna

DSC06620

Yamaha NMax beberapa saat setelah diantarkan di rumah (Day 1)

Setelah post pertama saya saat meminang Yamaha NMax, banyak rekan rekan yang bertanya mengenai review motor ini. Setelah seminggu dipakai muter muter, saya juga beberapa kali bertemu orang orang di jalan yang menanyakan tentang NMax. Pada saat di bengkel jok, ada bapak bapak pengguna vario 150 yang baru dapet motornya seminggu dan nyesel beli motornya, karena bentuk NMax yang lebih elegan (ganteng) dibanding kepunyaannya. Pada saat isi bensin, ada ibu ibu yang ngiri karena ngisi bensin di NMax lebih praktis. Pada saat cuci motor, ada orang juga yang menanyakan “wah, mas itu motornya gak bisa angkut barang di dek depan dong”. Saya jawab aja, kalo mau bawa barang ditaruh di dek depan mendingan jangan ambil motor ini mas, ini motor keren masa mau dipakai bawa barang banyak hehehe #kidding. Yah intinya ada beberapa orang yang suka banget dan ada yang ngerasa aneh dengan motor matic tanpa dek ini.

Sebelum kecewa untuk terus membaca review ini, perlu saya jelaskan bahwa review ini bukan review scientific. Saya cuman pengguna saja, bukan motor reviewer atau motor tester, saya memandang dari sisi subyektifitas saja, yang artinya review dari impresi dan experience selama mengendarainya seminggu ini.

Saat ini, Nmax SuGuMe (supreme gun metal) saya sudah mencapai 110 km. Overall motor masih bebas modifikasi apapun, kecuali jok yang sudah saya modifikasi dengan  menambahkan busa di bagian bantalan pinggang biar makin maknyoss untuk touring.

DSC06644

Odometer NMax saat ini 110 km (Day 7)

  • Harga : Motor ini adalah motor elegan termurah di kelasnya. Lawan terdekat matic di kelas 150 cc atau lebih lainnya semuanya lebih mahal dari NMax, pilihannya antara lain : honda pcx, sym joyride, benelli zafferano, vespa / piaggio. Kalo vario 150 gak dimasukkan karena bukan desain elegan IMO. 
  • Kelincahan : Saya sudah coba jalur padalarang-bandung yang sangat padat pada jam sibuk, awalnya agak kagok tapi lama kelamaan terbiasa untuk meliuk liuk dengan cepat. Walaupun bodynya bongsor dan panjang, hal itu tidak menjadi masalah karena tarikan bawah yang spontan jadi bisa lincah menembus kemacetan jalan yang didominasi  motor, angkot dan truk.
  • Kenyamanan : Jok menurut saya empuk, meskipun tidak setebal Kymco trend SR tapi sudah sangat  memadai untuk perjalanan dalam waktu lama. Kerasnya shock NMax banyak yang dikomplain di forum. Menurut saya sih meskipun keras tapi tidak sampai parah atau menyiksa, malah membuat motor smakin stabil.
  • Keamanan : Dengan kelengkapan rem dobel cakram dan ABS bikin saya makin tenang untuk sedikit ngebut, gak takut kendaraan di depan mengerem mendadak.
  • Konsumsi BBM : BBM irit sekali, saya ngisi pertamax 92, kira kira 1 liter bisa nyampe 50 km, dengan pemakaian yang variatif didominasi stop and go di jalan macet.
  • Tampang : Ini selera, menurut saya tampang NMax termasuk ganteng, 11-12 ama PCX, lebih ganteng dari Sym Joyride, kalo ama keluarga vespa primavera, sprint, atau gts sepadan gantengnya.
  • Upgrade atau Modifikasi : Saya pecinta motor original. Modifikasi hanya perlu dilakukan kalo memang meningkatkan fungsi secara signifikan :
    • Jok : Sudah di modifikasi untuk meingkatkan kenyamanan berkendaraan dalam waktu lama
    • Klakson : Sudah cukup kencang (gak perlu modifikasi)
    • Spion : Sebenarnya kurang ok tapi tidak jelek, kalau tidak ada pengganti yang benar benar keren, maka saya gak akan ganti spion dulu
    • Knalpot : (gak perlu modifikasi)
    • Alarm : Mungkin perlu, mungkin tidak, secara motor ini jarang saya bawa ke tempat umum seperti mall dan lain lain
    • Windshield : Mungkin saya akan beli windshield clear yang tinggi untuk mengganti windshield bawaan yang pendek, sekaligus sebagai tempat untuk meletakkan plat nomer
    • Selain item item diatas rasanya tidak ada yang perlu dimodifikasi dari motor ini, semuanya sudah bagus.

Semoga review padat dan ringkas ini bisa membantu rekan rekan untuk mempertimbangkan apakah akan mengambil NMax atau tidak. Kalau ada pertanyaan langsung aja diisi komentar dibawah …

ciaoooo.. and bonus foto foto ..

DSC06652

Sehabis modifikasi jok, bagian tengah agak lebih tebal untuk menambah kenyamanan (bandingkan joknya dengan gambar pertama)

DSC06655

Tampak dari dekat satu satunya modifikasi NMax yang saya lakukan (modifikasi Jok)

DSC06648

Pantat NMax

Advertisements

90 thoughts on “Review Yamaha NMax dari Kacamata Pengguna

    • ada strateginya om, pas indent tanyain warna yang om mau ada diurutan berapa, cari dealer yang urutan indent warnanya ga terlalu banyak ..atau sekalian indent dibanyak dealer ..

  1. Nice review om..saya juga pengguna Nmax dari jakarta yang sudah 2 minggu makai motornya sejauh 250km
    Overall saya puas sama NMax rasanya ga banyak yang perlu di modif, mungkin yang perlu di upgrade windshield karena kurang menutupi area badan.
    Untuk suspensi saya rasa cukup oke karena untuk highspeed jadi lebih stabil dan kokoh..

  2. salam kenal om andry, sesama pengguna nmax gunmetal dr semarang.
    Mo nanya utk modif jok seperti itu, untuk kenyamanan pembonceng bagaimana ya, keliatannya seperti area utk pembonceng dikurangi.

    • betul om andre, luas buat boncenger akan berkurang, tapi jok nmax buat boncenger cukup luas (panjang). pastikan dulu ukuran yang biasa di bonceng ga masalah dengan hal itu. saya biasa bonceng anak saya atau istri dan kebetulan buat mereka ga masalah.

    • ga ada engkol starternya om, pengalaman saya pake matic sebelum nmax 5 tahun itu engkol stater ga pernah dipake, kemungkinan kecil mogok, kalopun kejadian yah tinggal telpon bengkel aja

  3. Saya baru nyerpis si kasep mio di jalan asia aprika kang… ditawarin motor nmax… rada bingung sebenernya antara tertarik sama kepingin…hehehe. anyway… nuhun ah repyuw nya… tinggal berdoa aja semoga ada rejekinya….

  4. Nice review kang. Boleh di bisikin untuk modif jok dijalan pungkurnya sblh mana dan ijin untuk nyontek modelnya kang. Tq

    • vespa primavera nyaman juga kang, ini tergantung postur badan juga sih. kalo saya pake primavera stangnya berasa lebar jadi saya krg nyaman. kalo tarikan saya lebih suka nmax, untuk pelan 11-12 sama aja dua duanya ..

  5. Salam kenal pak andry…. nyontek joknya ya, simple, suka deh.
    Btw… setuju ama reviewnya.
    Kalo boleh nambahin dr pengguna cewek yg gak terlalu tinggi >, < shock sy ganti yss for pcx, selain lbh empuk jd gak terlalu tinggi.

  6. Kang andry.. Sy tertarik bgt dgn nmax. Ada rencana ingin ambil nmax tp masih galau antara abs ato non abs. Punten kang,bagaimana review kang andry sbg pemakai nmax abs? Apa kekurangannya abs dan bagaimana kira2 biaya maintenance abs dibanding non abs? Gimana review kang andry utk nmax non abs? Rencana ambil nmax utk dipakai harian kerja (kosan – kantor) dan tiap minggu dipakai touring PP tasik-bdg,krn domisili bdg dan kerja di tasikmalaya. Punten kang minta pencerahan atas kegalauan sy..hehehe thanks before.

    • Saya makenya abs kang, karena waktu saya beli adanya cmn abs. Secara mesin dll dua duanya sama aja, yg beda cmn mekanisme ngerem aja. Saran saya kalo dana ngepas mending non abs. Tapi abs bantu sekali kalo kita suka ngerem ngedadak, dan berasa lebih aman kalo ngebut. Jadi pilihan abs / non abs bukan dari jarak pemakaian harian tapi lebih ke riding style aja ..

      • Kang klo biaya pemeliharaan dan spareparts abs mahal ga dibanding non abs klo ada kerusakan? Bener ga abs kurang maksimal klo jalan keriting dan tangan suka kesemutan/pegal klo touring? Punten kang banyak tanya..

      • Ga ada bedanya kang biaya pemeliharaan dan sparepartsnya , kecuali kalo part abs nya yang rusak. Ga bener abs bikin tangan kesemutan itu kang … hehe

    • sorry kang baru jawab, nmax saya udah ganti warna kang, gara gara terlalu banyak gun metal sekarang ini. sokbreaker saya pake xride dari bulan maret. angin nitrogen aja

  7. salam kenal mas… mau nanya ni.. saya baru ambil nmax, kalau pake sokbeker xride kan 2 buah… ga terlalu keraskah?… kan itu di desain untuk monosok? thanks sebelumnya

    • Dibandingkan originalnya sih lebih empuk xride. Tapi ini mah selera yah, dan lagian saya pake shock xride idah lama, waktu itu pilihannya cmn xride dan yss for pcx. Lama lama dipakai udah menyesuaikan dan berasa empuk juga

  8. Selamat malam kang numpang nanya menurut kang andry lebih baik milih yamaha nmax atau honda pcx ya soalnya saya bingung kedua produk ini.

  9. Kang andry saya mau tanya yamaha nmax atau honda pcx ya? Oiya sama lebih baik milih abs atau non abs soalnya banyak orang bilang kalau rem abs yamaha nmax ini bikin kesemutan di tangan. Mohon jawabannya

  10. Kang andry saya mau tanya lebih baik nmax abs atau non abs ya. Trus katanya kalau nmax abs itu bikin tangan kesemutan apa hal itu ada benarnya ya kang. Mohon pencerahan nya ya

  11. Mas andry saya mau tanya lebih baik nmax abs atau non abs ya. Trus katanya kalau nmax abs itu bikin tangan kesemutan apa hal itu ada benarnya ya kang. Mohon pencerahan nya ya

  12. salam kenal mas andry saya di bandung juga, kebetulan baru hari ini saya berniat ambil nmax, cuma ada sedikit ganjalan dari beberapa blog yg review nmax yaitu masalah kerasnya sokbreker nmax, menurut kang andry ketika melewati jalan rusak seberapa kerasnya sich sokbreker nmax ini, apa bener bikin cape kalau jalan jauh ketika melewati jalanan yg ga rata. mohon infonya tq.

  13. hai mas salam kenal ya
    mau nanya, warna motor akang skrng udah ga gun metal? Ganti warna apa? Emang bisa ya diganti warna??
    Saya lg galau mau ambil nmax warna putih atau silver, klo putih barangnya ada di dealer, klo silver mesti inden dulu

  14. […] Saya mencoba membuat variasi blog entry yang lain dari biasanya, yaitu mengenai topik otomotif. Sering sekali kita kesulitan mencari review otomotif di Indonesia dari kacamata pengguna. Biasanya review dibuat oleh majalah otomotif (profesional tester), yang netralitasnya saya ragukan, atau review dari pabrikan kendaraan itu sendiri (pesan sponsor). Hal ini terjadi pada saat saya mencari informasi mengenai Kia Sportage ini, sulit sekali mencari reviewnya dari pengguna di Indonesia. Kebanyakan review yang saya peroleh adalah dari Forum Kaskus, tapi jarang yang berisi pengalaman yang mendalam. Atas dasar itu maka saya berusaha menulis review (dari kacamata pengguna) di Blog ini. Sebelumnya saya pernah melakukan review otomotif yaitu mengenai mobil Suzuki Splash dan motor  Yamaha Nmax.  […]

  15. Salam kenal kang andry
    Punten, mau nanya kang. Warna gun metal kan doff kang, misalnya nyenggol motor dan motor yg kesenggol catnya nempel di motor kita. Apakah cara membersihkan noda kesenggolnya bisa pake kit kang? Soalnya kalo cat glossy pakai kit tetap glossy kang. Kalo doff apa ga masalah pake kit kang?

  16. Salam kenal kang andry. Punten kang mau nanya, warna gun metal kan doff, misalnya ada noda cat di body dan dibersihkan pake KIT ngerusak warna doffnya ga kang? Soalnya kalo glossy ga masalah dibersihkan pake KIT kang tetep glossy.
    Nuhun kang.

  17. salam kenal kang , lagi minat minang nmax nih …. mw tanya aja , sering liat dijalan klo posisi boncenger nmax kliatan ngangkang bgt , krasa ngeganggu ngak apalagi buat perjalanan jauh diatas 1 jam coz bisi pegel …. terutama buat boncengers belakang …

    klo rider mah pasti nyaman bgt , tapi boncengersnya gmna kang ?

    • berapa kali saya riding jauh, ke bromo, ke lampung, dan sekitar jawa barat. banyak teman yg bawa boncengers, ga pernah muncul keluhan itu. saya sendiri ga pernah bawa boncengers ..

  18. Haloo om mau tanya nih.. konsumsi bbm pertamax 92 kok bisa nyampe 1liter buat 50km ya.. ? Itu cuma di km awal ato sekarang masih om.. mau minang takut boros om.haha.suwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s