Update Paper : ECommerce Sales Prediction Model dan Media Influencer Analysis (oktober 2015)

Saya baru saja mengupdate arsip paper saya di Academia.Edu. Saya mengunggah 1 paper yang sudah dipublish dan 1 paper yang belum dipublish tapi akhirnya saya putuskan saya rilis saja karena data yang digunakan takut keburu kadaluarsa (data tahun 2013). Academia adalah media sosial untuk sharing dan diskusi paper ataupun karya karya akademik lainnya. Dari pengamatan saya, dibandingkan dengan media sosial akademisi lainnya yang sejenis seperti ResearchGate, maka Academia kadar akademiknya lebih santai dalam artian karya akademik yang ada lebih ke arah paper paper implementasi daripada paper pembahasan keilmuan. Untuk peneliti pemula dan mahasiswa S1 Academia lebih cocok, tapi untuk peneliti tingkat lanjut atau mahasiswa master / doktor maka ResearchGate akan lebih sesuai. 

Paper pertama berjudul “Sales Prediciton Model Using Classification Tree Approach for Small Medium Enterprise Based on Indonesian E-Commerce Data”. Paper ini menggunakan data penjualan pada sebuah situs ecommerce indonesia, dimana penggambilan data dilakukan secara web crawling, kemudian dengan bantuan metode klasifikasi / pohon keputusan pada data mining, kita membuat model prediksi penjualan  barang di situs ecommerce tersebut berdasarkan atribut atribut data yang dimilikinya seperti tempat penjual, harga barang, reputasi penjual dan lain lainnya. Paper ini di publish pada acara konferensi SCBTII ke 6

Paper kedua berjudul “Influencer Analysis for Alternative Marketing Strategy of Kompas TV Using Social Network Model” . Paper ini mengenai analisa akun twitter yang berpengaruh untuk strategi pemasaran pada jejaring sosial percakapan mengenai Kompas TV. Paper yang belum pernah saya publish ke konferensi atau jurnal manapun dengan alasan saya ingin membuat penelitian lanjutan, akan tetapi sayang sampai tahun 2015 saya tidak sempat melakukannya. Oleh karena data yang digunakan sudah cukup lama dan kuatir kadaluarsa (tahun 2013) maka saya putuskan paper ini saya publish secara online di situs Academia.

Semoga kedua paper diatas menambah wawasan tentang penelitian yang menunjang aktivitas data analytics.

Link akun Academia saya : http://telkomuniversity.academia.edu/AndryAlamsyah/

Screen Shot 2015 10 20 at 10 46 30 PM  2

Screen Shot 2015 10 20 at 10 46 13 PM  2

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s