Cepat Lulus atau Lama Lulus ?

Hari ini dua mahasiswa bimbingan saya lulus ujian sidang tugas akhir, yang artinya tidak lama lagi mereka sudah bukan mahasiswa lagi. Mereka adalah angkatan 2011 yang artinya pas 4 tahun kuliahnya. Untuk ukuran mahasiswa sekarang lulus 4 tahun itu adalah kewajaran, karena SOP perguruan tinggi ditingkatkan dan waktu kelulusan menjadi lebih cepat. Kuliah dianggap menjadi lebih mudah daripada jaman dulu  (nah ini masih perlu diperdebatkan, apa iya lebih mudah ?) ..

Kedua mahasiswa tersebut mengerjakan skripsi yang cukup kompleks dengan topik unik dan menarik. Dengan topik sebagus itu, saya sebagai dosen mengharapkan keduanya  bisa meneruskan sekolah (menjadi dosen) atau bekerja di perusahaan besar menggunakan skill mereka yang unik. Tapi harapan tinggal harapan, salah satu dari mereka mengabarkan bahwa sudah diterima sebagai management trainee di perusahaan rantai supermarket besar di Indonesia dengan gaji cukup besar. Saya pikir sayang juga kalo masuk menjadi management trainee karena belum jelas nanti pekerjaan spesifiknya nanti menjadi apa, apalagi bidang ini tidak perlu skill seperti yang dikuasai mahasiswa saya.

Kemudian muncul pemikiran saya, bahwa sebenarnya mahasiswa seharusnya tidak usah buru buru lulus, dalam artian daripada lulus terus maen sabet pekerjaan yang didepan mata, karena kalau sudah lulus maka tuntutan dari orang tua adalah untuk segera bekerja, meskipun jenis pekerjaannya tidak disukai. Bahkan tidak sedikit yang cepat lulus malah menganggur lama,  karena kompetisi mencari kerja yang tinggi, tidak disertai skill yang mumpuni dari yang bersangkutan.

Lebih baik mengincar pekerjaan impian, dengan planning yang baik mencari pekerjaan dan perusahaan yang sesuai dengan bidangnya.  Sambil menunggu lulus mereka bisa menjadi asisten pengajar dosen atau asisten peneliti untuk menambah pengalaman lebih. Kalau sudah lulus mereka “harusnya” sudah tidak boleh berada di kampus lagi. Ini artinya lama lulus pun belum tentu jelek asal punya planning yang baik untuk masa depannya.

Jadi lebih baik mana cepat lulus atau lama lulus ? …

 

83549973974 lulus

sumber gambar : google.com

Advertisements

6 thoughts on “Cepat Lulus atau Lama Lulus ?

  1. hahaha, saya banget ini mah pak (mahasiswa abadi)..

    Btw banyak yang saya jumpai memang demikian, dimana tempat kampus banyak yang meluluskan mahasiswanya tanpa melihat skill individunya, semata2 hanya untuk mengejar nilai akredetasi saja.

    Kebetulan beberapa kali saya menginterview para fresh graduate ini diantara 10 mungkin sekitar 3-4 orang yang qualified untuk siap bekerja,

    Di tambah lagi saat ini banyak jenis2 pekerjaan baru dalam bidang ICT seperti Full Stack Developmer, Data Scientist, dll.

    Dengan ini saya berharap universitas2 dapat mengkaji mata kuliahnya yang telah outdated!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s